HIDUP INI SEMANIS KUE





Cobaan yang kita hadapi hanyalah instrument yang akan membuat derajat kemanusiaan kita meningkat (Reza Yoga - 2011)







Kehidupan memang salah satu hal yang sangat menarik untuk diperbincangkan. Selama ribuan tahun, umat manusia telah terobsesi pada kehidupan. Mulai dari asal-usul kehidupan, akhir dari segala kehidupan, serta bagaimana kehidupan itu sendiri berproses.

Termasuk berbagai upaya untuk mengetahui apa yang harus kita lakukan agar kita bisa menjalani kehidupan dengan sepenuh hati, bagaimana mengatasi segala permasalahan kehidupan dan masih banyak lagi lainnya. Jumlah buku, video, seminar dan pelatihan yang menggunakannya sebagai tema utama cukup menjadi bukti bahwa manusia telah terobsesi dengan kajian kehidupan sejak dulu kala.

Banyak perumpamaan tentang kehidupan yang dapat membantu kita untuk memahaminya. Ada yang mengatakan bahwa kehidupan ini seperti roda, kadang kita ada di atas, kadang kita di bawah. Ada yang mengatakan bahwa hidup ini adalah panggung sandiwara, dan masih banyak lagi perumpaan lain tentang kehidupan.

Lima jam yang lalu, saya belajar mengenai sebuah perumpamaan yang cukup ‘asyik’ untuk menggambarkan kehidupan yang sedang kita jalani ini, bahwa : Hidup Ini Seperti Sepotong Kue.

Bahan utama yang umumnya digunakan untuk membuat kue adalah telur, tepung terigu, sedikit minyak, gula halus, dan masih banyak lagi. Sekarang saya meminta anda untuk membayangkan bagaimana rasanya jika anda memakan bahan-bahan tersebut satu per satu. Rasionalitas pasti akan memaksa anda untuk mengatakan bahwa rasa telur mentah tidak lebih enak daripada rasa telur yang sudah bercampur dengan bahan lain dalam sepotong kue manis.

Sekarang kita beralih pada kehidupan. Kehidupan yang sedang kita jalani. Kita pasti pernah merasa tidak puas dengan kondisi yang sedang kita hadapi. Seringkali kita tidak dapat menerima kenyataan yang sedang kita jalani. Ujian hidup yang kita hadapi terasa ‘se-amis telur’. Cobaan demi cobaan yang kita lewati terasa sepahit bahan pengemulsi kue.

Banyak sekali penggalan-penggalan kehidupan yag kita kutuk sebagai pengganggu dalam kehidupan kita. Saat kita tak lulus ujian, saat kendaraan kita secara tiba-tiba mogok di tengah jalan, saat tak ada sepeser uang pun di dalam lipatan dompet kita. Tapi mari kita lihat sisi baiknya.

Suatu saat kendaraan saya mogok di tengah perjalanan dari Malang menuju Blitar. Kendaraan saya berhenti saat saya melalui areal persawahan. Pada awalnya memang menyebalkan, tapi kemudian saya mendapatkan hal yang lebih menarik dari apa yang saya cari di Blitar, yaitu pemandangan sawah yang menakjubkan, udara yang menyegarkan dan perasaan hati yang lapang.

Jika kita mau mencoba untuk memandang kehidupan ini dari sisi yang berbeda, kita akan sadar bahwa sebenarnya, hal-hal yang kita anggap sebagai kepahitan hidup tersebut hanyalah bahan-bahan yang diperlukan agar hidup kita menjadi sepotong kue yang manis. Cobaan yang kita hadapi hanyalah instrument yang akan membuat derajat kemanusiaan kita meningkat. Kita menjadi makin dewasa dan siap untuk menjalani tantangan kehidupan yang lebih sulit.

Ya, bayangkan jika cobaan tersulit sudah anda lalui, maka cobaan selanjutnya akan menjadi lebih mudah. Setiap cobaan melahirkan ketangguhan, keberanian, dan pengalaman yang tak ternilai harganya. Pengalaman inilah yang nantinya akan menjadi panduan kehidupan yang berguna, baik untuk anda, maupun untuk orang-orang disekitar anda.

Terlepas dari setuju atau tidak setujunya anda terhadap apa yang saya tulis, saya hanya berharap agar apapun yang nantinya menimpa hidup anda, apakah itu baik atau buruk, semoga anda lebih bisa memaknainya dengan bijaksana. Have a nice cake, maaf maksud saya Have a Nice Day.
 

5 comments:

  1. PERATAMAX diamankan,,
    mumpung blm langka.. :D

    ReplyDelete
  2. Life is just like a strawberry on the shortcake, bagaimana caramu memandang hidup

    ReplyDelete
  3. jazakallah za, btw, hanya gara2 note, selaen ditawari mas Rahmad, ana juga ditawari nulis buku pergerakan sama mas Indra..
    Allah mendatangkan sesuatu dr tempat yg tak disangka-sangka, this is right..: )

    eh,bikino mini album, sini tak bantu pasarkan, be'e ada produser yang minat, hoho..

    ReplyDelete
  4. salam ...
    izin share d islampos.com yang ini juga yaa
    jzk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa'alaikum salam wr wb.
      silakan-silakan, demi menjaga etika kepenulisan, mohon cantumkan sumbernya

      semoga bermanfaat ^__^

      Delete