(JANGAN) TAKUT BERMIMPI



"kita sama sekali tidak punya hak untuk mengatakan bahwa orang yang mimpinya tidak terwujud adalah orang yang gagal"

- Reza Yoga (2010) -






Sekali lagi saya akan berbicara tentang mimpi. Tema favorit saya, karena selama ini dari situlah saya mendapat semangat untuk melanjutkan hidup saya walau sesulit apapun. Dari impian-impian tersebut, saya belajar untuk bertanggung jawab terhadap pilihan-pilihan saya. Dari impian-impian tersebut, saya belajar untuk menata langkah saya menuju masa depan yang saya impikan. Dari impian-impian itu pula saya belajar bahwa tak ada yang tak mungkin di dunia apabila Allah telah berkehendak.


Begitu banyak hal yang saya dapatkan dari proses membangun sebuah impian. Padahal, itu belum termasuk kepuasan saat impian kita berubah menjadi kenyataan. Apalagi saat kita mendapati ternyata, tercapainya impian kita turut memberikan kebahagiaan dan manfaat untuk orang lain.


Akan tetapi tak sedikit orang yang takut untuk bermimpi. Mereka memilih untuk menjalani hidupnya dengan mengalir bersama arus. Orang-orang semacam itu tak mau menghiasi hidup mereka dengan butir-butir rencana yang terangkai dalam untaian cita-cita. Apa yang ada di depan, mereka anggap sebagai takdir yang harus dijalani dengan lapang hati. Hal itu tidak salah. Akan tetapi saya sendiri lebih suka menganggap bahwa pada masa yang akan datang, kita sebagai manusia mempunyai hak untuk menghiasinya dengan rencana-rencana dan mimpi-mimpi.


Tentu saja hanya Allah yang berhak menentukan hasil akhir dari semua rencana kita tersebut.


Bermimpi itu begitu mudah. Gratis. Siapapun, di manapun, kapanpun, dalam kondisi apapun bisa bermimpi (ingat, yang saya maksud bukan bunga tidur). Akan tetapi masih banyak orang yang takut bermimpi. Dalam pandangan saya, apa yang mereka takutkan bukanlah obyek (mimpi) nya. Orang-orang yang mengaku takut bermimpi sebenarnya takut pada konsekuensi yang harus mereka jalankan dalam rangka mewujudkan mimpinya.


Mereka membenci proses yang harus mereka tempuh demi mewujudkan impian mereka. Mereka tidak mau melewati batas-batas kemampuan diri mereka. Mereka tidak mau menekan diri mereka. Mereka tidak tahu bahwa sebenarnya semua itu akan meningkatkan nilai mereka sebagai manusia, dan tentunya membawa mereka selangkah lebih dekat dengan mimpi mereka.


Masih ada faktor pendukung. Beberapa dari mereka mungkin takut dengan konsekuensi sosial dari proses bermimpi. Ketika mereka bermimpi, dan menceritakan mimpi mereka pada orang lain, mereka merasa bahwa mereka harus, maksud saya benar-benar HARUS dapat mewujudkan mimpi mereka dan mempertanggungjawabkan mimpinya pada orang lain. Selama mimpi mereka belum terwujud, mereka akan merasa bahwa mereka adalah orang paling gagal sedunia.


Padahal tidak. Sama sekali TIDAK ! well, paling tidak itu menurut saya. Semua orang berhak bermimpi, dan semua orang memiliki peluang untuk ‘gagal’. Sebenarnya saya tidak suka kata gagal. Saya lebih suka memakai ‘mimpinya tidak terwujud’. Mengapa ? karena saya menganggap bahwa tidak terwujudnya mimpi seseorang sama sekali tidak menandakan bahwa orang itu gagal. Ingat ! Manusia berencana, dan Allah yang menentukan.


Jadi, kita sama sekali tidak punya hak untuk mengatakan bahwa orang yang mimpinya tidak terwujud adalah orang yang gagal. Itu adalah bagian dari keputusan Allah. Itu adalah keputusan terbaik yang sudah seharusnya diterima oleh orang tersebut.


Apabila saya boleh member saran pada anda yang masih takut untuk bermimpi, Bermimpilah ! karena Allah akan memeluk mimpi anda dan juga akan memberikan keputusan yang terbaik bagi jalan hidup anda. Satu hal yang agak susah, tapi harus anda lakukan adalah berbaik prasangka terhadap segala apa yang Allah tentukan. Jangan pedulikan teriakan orang lain. Jangan terbebani orang lain. Jadikan orang-orang di sekitar anda sebagai bagian dari impian anda. Satu prinsip saya yang ingin saya bagi dengan anda : anda hanya perlu mempertanggungjawabkan mimpi anda terhadap Allah dan diri anda sendiri, bukan pada orang lain.

21 comments:

  1. I believe I can fly... I believe I can touch to sky....

    ReplyDelete
  2. 'bagaimana mau bermimpi, tidur saja aku tidak jenak, perutku lapar, bajuku robek, rumah aku ngontrak' <-- think think think

    ReplyDelete
  3. aku bingung arep nulis opo? tapi aku pengen komentar..............bismillah
    "fastabiqul khoirot mengejar mimpi kita, hingga mimpi itu lelah kita kejar dan menyerahkan dirinya menghampiri kita, tinggal tunggu waktu, sabar, mendekatlah pd Allah, and we can catch our dreams"
    za, curhat ya, dr list mimpiku yg totalx skrg 144 sejak buku pinjeman(yg ilang tu, dah kembali belum? klo blm , tak cariin di sni)satu per satu mulai terwujud, termasuk beasiswa ntu, Allah benar2 mememeluk mimpiku dr tempat yg tak disangka2.
    Allahu akbar,there isn't impossible in this world, i believe it.

    ReplyDelete
  4. *kunjungan balik

    mimpi ya..
    saya suka ber-mimpi akan tetapi saya lebih suka saat mimpi itu jelas di hadapanku sehingga bisa ku raih mimpi itu.

    ReplyDelete
  5. betul sobat, mimpi itu awal dari segala hal. Kadang bisa membuat perbedaan radikal. Semua kemajuan yg dinikmati manusia di zaman ini apa lagi kalo bukan karena sebuah mimpi? :)
    sedang kegagalan, menurut saya orang yg gagal ya yang berhenti mencoba. kalau mimpi belum terwujudkan tapi ia terus berusaha, sepertinya ngga ada kata gagal tu dalam kamusnya :)
    salut saya dgn orang yg seperti itu.
    salam hangat.

    ReplyDelete
  6. @juminten : overcome any obstacle won't let this dream just fall apart. right ?

    @mei : semoga sukses dengan mimpinya !

    @tetik : kalau saya lebih suka bermimpi (sekalipun itu jauh di depan) kemudian saya lukis lebih jelas dengan ikhtiar dan do'a saya.makasih kunjungan baliknyaa.

    @Darin : sepakat ! harusnya tidak ada kata gagal dalam kamus para pemimpi. salam kenal sobat !

    ReplyDelete
  7. Tapi aku takut bermimpi... klo yg ada dalam mimpiku kamu za... Hahay..

    ReplyDelete
  8. yupz, good...!
    the power of dream can change the world...!

    ReplyDelete
  9. Bgus bget mas,bgtu menginspirasi. . .!

    ReplyDelete
  10. mimpi sama g ya dengan cite2

    ReplyDelete
  11. jangan takut bermimpi tapi janganlah bekerja dalam mimpi

    ReplyDelete
  12. well, mimpi.. tapi terkadang masalahnya adl kita sudah menyerah duluan sebelum berjuang habis-habisan dan menganggap mimpi itu tak tercapai lagi.

    selain, tentu, kita tetep harus menyelaraskan mimpi kita itu sesuai dg apa yg Allah gariskan..

    ReplyDelete
  13. @semuanya : maaf baru sempet bales komen... moga bermanfaat deh... ^_^

    ReplyDelete
  14. bismillah....
    hmm....mimpi adalah angan dari setiap orang yang entah itu terbesit atau memang di inginkan untuk difikirkan.
    jangan sampai berhenti mengejar mimpi...wlopun mungkin mimpi kita adalah bagian dari keinginan kita (red. nafsu kita), bukan kebutuhan kita.
    tapi tetap yakinlah, Allah akan memberikan apa yang kita butuhkan, apa yang terbaik buat kita...
    yang terpenting, punyalah mimpi agar tidak menjadi orang yang stagnan...
    move...move...and move...
    karena dengan mimpi, kita pasti akan bergerak.
    jangan pernah takut akan konsekwensinya..janagn takut kana hasilnya..
    kemabalikan pada Allah, Allah tahu yang terbaik buat kita setelah kita berusaha. kehendak Allah Yang MAha Tinggi...
    jangan berharap mendapatkan sswatu sebelum qt berusaha...
    ok..
    semngat mengukir mimpi....melakukan aksi...dan raih prestasi..

    ReplyDelete
  15. jangan takut bermimpi, mimpi gratis lho. oke semangat

    ReplyDelete
  16. oya subhanallah.gambarnya buagus kali ya

    ReplyDelete
  17. Bener mas...untuk mengejar tujuan memang seseorang harus punya tujuan dan mimpi...selagi mimpi masih gratis...!!
    http://jounk-java.blogspot.com/

    ReplyDelete
  18. @anonim : ^_^ thanks...
    @jahar al mustafa : sip ! oh ya, maaf, gambar itu bukan hak milik saya, hihihi, semoga Allah mengampuni saya karena telah memakai gambar-gambar karya orang lain, tapi semoga bermanfaat
    @joko wahyono : obral mimpi ;-p
    @irfan jaya : asal jangan cuma mimpi (bunga tidur). hehe salam kenal...

    ReplyDelete
  19. http://yppi.blogdetik.com/2011/03/23/resensi-buku-habibie-ainun/

    dibalik pemimpin yang hebat ada sosok istri yang luar biasa.

    ini cocoknya di tulisan antum yg mana ya akh.
    oia klo punya buku bliau. bagi2 informasi oke (buku : habibie & ainun )

    ReplyDelete
  20. bagus blognya,,,trims uda berbagi...
    kunjungi blog ku tentang motivasi dan trik dan tip kuliah di www.kingmotivation.blogspot.com

    ReplyDelete